PT.WISMATATA ELTRA JAYA - MAINTENANCE AND SERVICE TRAFO DISTRIBUSI

LightBlog

News Ticker

PT.WISMATATA ELTRA JAYA

LightBlog

07 Maret 2020

PENGAMAN TEGANGAN PETIR DAN IMPLEMENTASINYA


Setelah Pesentasi tentang Assesment trafo kemarin,memang ada hal yang selama ini tidak diungkap bahwa gangguan akibat tegangan petir itu ada tapi haram untuk disebutkan 😁  alasanya karena bisa dihindari , bagaiamana bila tegangan petirnya tidak bisa dicover oleh pengaman tentu terjadi gangguan juga .
tegangan petir
gambar sambaran petir

Bentuk gelombang surja.
Gangguan dapat terjadi karena terkena pukulan gelombang gelombang surja(kejut) .Gelombang surja dapat terjadi karena cuaca yaitu petir yang menyambar jaringan dimana terdapat trafo yang dipasang digardu type portal maupun type cantol.walaupun terjadinya sangat singkat yaitu hanya bebetapa pulih mikrodetik akan tetapi karena dapat memilikitegangan puncak yang sangat tinggi dan jumlah energi yang besar dapat mengakibatkan kerusakan pada trafo.
pada foto datas terlihat bentukyang berlainan,yang agak ekstrim.disini gelombang surja praktis hnya berbentuk puncak tanpa ekor,jugadapat dicatat gelombang ini memiliki muatan negatif,tegangan puncaknya bisa melampaui 25000kv dan waktu berlangsungnya singkat sekali,sekitar 5-6 mikrodetik.Buntutnya secara relatif tidak berarti walaupun secara absolut masih setinggi 100kv,begitulah kiranya petir yang menghasilkan gelombang surja ini sangat dasyat adanya.

Normalisasi menurut IEC standart gelombang ini biasanya disebut sebagai gelombang 1,2 x 50mikrodetik,oleh karena besaran Tp adalah 1,2 mikrodetik sedangkan besaran Ts adalah 50 mikro detik.


Penangkal surja
Melindungi trafo terhadap petir atau tegangan surja dapat dilakukan dengan menggunakan arester atau penangkal surja.Arester pada asasnya merupakan suatu jalan samping bagi petir atau tegangan surja untuk mencapai bumi tanpa melewati trafo.Hal ini dicapai dengan memberi dua sifat kepada arester: 

  1. Arester merupakan semacam kapasitansi,sehingga arus arus yang memiliki frekuensi tinggi tidak akan melalui trafo yang mempunyai induktansi tinggi,melainkan melewati penangkal surja.Bila misalnya muka atau pendakian gelombang surja dianggap sebagai seperempat perioda pertama suatu tegangan tukar dan lama waktu pendakian berlangsung 1,25 mikrodetik,maka frekuensi tegangan tukar demikian akan berjumlah:  f =1/4x1,25x10-6 =200khz
  2. Disamping itu arester mempunyai sifat hambatan R yang khusus.Dengan mempergunakan suatu jenis bahan tertentu,hambatan R itu dapat berubah: jika dialiri arus,hambatan R menjadi kecil.dan jika tidak dialiri arus hambatan R menjadi besar.sifat hambayan demikian itu diperlukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat antara tegangan fasa dengan bumi.
Suatu proteksi surja harus memiliki sifat sifat sebagai berikut : 
  1. Dapat memberi respons yang cepat terhadap terjadinya tegangan surja.
  2. Memiliki karakteristik R nonlinear yang baik 
  3. Memiliki kemampuan termal yang tinggi untuk dapat menyerap energi petir .
  4. Tidak tergantung dari polaritas gelombang surja
  5. Mempunyai daya memadamkan arus yang kuat bila tegangan surja mengalir.


Baca juga : K3 Pada Service trafo

alamat email wej
marketing@eltrajaya.com 
  wismatata@yahoo.com



contak telpon wej021 8936193



wa sunarko 081905180532     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox
PT.WISMATATA ELTRA JAYA Based on Jasa Service trafo - Jasa Maintenance trafo - Jasa treatment trafo - Jasa Purifikasi Trafo - Maintenance cubicle - assesment trafo - Maintenance gardu disrtibusi